Cara Liburan Kepulauan seribu Tanpa Travel Agent (Penginapan & Akomodasi)

jika tadi kita membahas biaya transport dan jadwal pemberangkatan kapal menuju kepulauan seribu, maka kali ini kita membahas dimana tempat penginapan, maupun mau kemana tujuan kita ke pulau seribu. 



Di pulau-pulau wisata non-resort, tidak terdapat hotel mewah. Anda hanya bisa menjumpai homestay atau penginapan sederhana. Namun demikian, meski sederhana, penginapan ini terbilang cukup nyaman dan mayoritas memiliki fasilitas yang lengkap seperti AC, dapur, dan kasur springbed. Harga sewanya pun cukup beragam tergantung pada fasilitas yang tersedia.

Jika Anda pergi berlibur dengan rombongan, akan lebih mudah dan nyaman untuk sewa 1 rumah yang memiliki beberapa kamar. Untuk homestay sederhana, tarifnya mulai dari Rp200.000,00; penginapan yang cukup lengkap fasilitasnya mulai dari Rp400.000,00; sedangkan 1 rumah biasanya dikenakan biaya Rp1.000.000,00 per malam (memiliki 2-3 kamar dengan AC).

Baca Juga  : Cara Liburan Ke Kepulauan seribu Tanpa Travel Agent (Transportasi)

Makan dan Sewa Kapal

Anda tak perlu khawatir soal makanan karena di masing-masing pulau banyak terdapat warung. Bahkan di Pulau Pramuka, ibu kota dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, terdapat minimarket. Anda pun dapat memesan katering rumahan di tempat Anda menyewa kamar atau rumah dengan harga yang bersahabat, mulai dari Rp15,000,00 per orang per porsi (2 macam lauk, sayur, dan minuman).

Untuk biaya sewa kapal pun relatif murah, mulai dari Rp300.000,00 untuk kapal kecil berkapasitas maksimal 6 orang. Sedangkan kapal yang lebih besar (kapasitas 10 orang), biaya sewanya mulai dari Rp400.000,00 per hari. Jika Anda berencana untuk berlibur di sini selama 2 hari 1 malam, Anda setidaknya membutuhkan sewa kapal selama 2 hari, hari pertama untuk snorkeling dan hari kedua untuk keliling pulau-pulau kecil di sekitarnya.
Pulau Tujuan

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu terbagi menjadi 2 kecamatan, yaitu Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Beberapa pulau wisata (non-resort) yang umumnya dikunjungi adalah Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Harapan. Di sekeliling pulau-pulau besar itu terdapat juga pulau-pulau kecil seperti Pulau Perak, Pulau Bulat (milik almarhum Presiden Soeharo), Pulau Semak Daun, Pulau Bira (pulau resortyang terbengkalai), dan Pulau Dolphin (pulau gusung). Jika Anda ingin melihat pulau-pulau resort seperti Pulau Putri dan Pulau Macan, umumnya pengelola pulau akan mengenakan biaya bersandar di dermaga mereka sebesar Rp50.000,00 / orang.

Bagi Anda yang menyukai wisata alam dan sejarah, Anda bisa melakukan one day trip 3 pulau, yaitu ke Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust. Namun untuk melakukan ini, Anda harus sewa kapal kecil sendiri dari Pelabuhan Muara Kamal dengan biaya sekitar Rp500.000,00 / kapal / hari.

bagi kamu yang ingin travelling kemana pun jangan lupa dengan melakukan sholat sunah 2 rakaat, Hal ini sebagaimana yang disabdakan Nabi, “Tidaklan seorang hamba meninggalkan peninggalan untuk keluarganya yang lebih utama dari pada dua rakaat yang dikerjakan ketika dia hendak bepergian.” (HR. Suyuthi dan Ibnu Abi Syaibah).

Semoga Selamat di perjalanan ...makasih

2 Responses to "Cara Liburan Kepulauan seribu Tanpa Travel Agent (Penginapan & Akomodasi)"

  1. minta kontak person utk home stay, snorkling, konsumsi di pulau pramuka, trims

    BalasHapus